Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan SDM Lulusan SMK, Komisi V Dukung Penuh Disdik Jabar Jalin Kerjasama dengan Dunia Industri

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11:47 WIB Last Updated 2023-09-22T16:22:10Z
Klik

Sekretaris Komisi V DPRD Jabar H.Memo Hermawan (foto:ahw/ist)



BANDUNG, Faktabadungraya.com,--  Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat H.Memo Hermawan mengapresiasi Dinas PEndidikan Jabar dalam meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan para calon alumni SMK dalam  menjalin kerjsama denga berbagai dunia industry.


“ Sekolah Menangah Kejuruan memang diciptakan agar para peserta didik SMK setelah lulus memiliki bekal skill dan pengetahuan, sehingga siap terjun didunia kerja. Hal ini penting, agar lulusan SMK begitu lulus langsung dapat kerja, atau bahkan menciptakan langan kerja tersendiri sesuai dengan bekal ilmu yang didapat selama belajar di SMK”, kata Sekretaris Komisi V DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut Kang Memo—sapaan—H.Memo Hermawan, mengatakan, DPRD Jabar melalui Komisi V dalam berbagai kesempatan rapat kerja dengan pihak Disdik Jabar, senantiasamengingakan dan mendorong, agar Disdik Jabar terus beruapaya menjalin kerjasama dengan dunia industry dan berbagai dunia usaha lainnya.

Bahkan ita juga mendorong agar setiap tahun ada peningkatan SMK menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Sehingga, kedepan masyarakat lebih memilih menyekolahkan anaknya masuk SMK, ujarnya.

Sebagai informasi bahwa, beberapa waktu lalu, Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya telah menandatangani MoU dengan 110 industri di SMK Mitra Industri MM2100 di Kabupaten Bekasi.

Kerjasama tersebut bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan teaching factory di SMK.

"Sebelumnya, kami juga sudah melaksanakan kerja sama dengan 77 industri pada bulan Maret. Ini bagian dari proses atau embrio pembelajaran di SMK dan menjadi bagian dari proses SMK menjadi BLUD," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Kadisdik, sebanyak 35 SMK sudah menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Disdik Jabar menargetkan jumlah tersebut bertambah menjadi 100 SMK BLUD pada 2024 mendatang.

"Ini adalah proses, mudah-mudahan siswa lebih terfasilitasi belajarnya dan implementasi pembelajaran lebih optimal untuk mendukung masa depannya," harapnya. (Adip/Sein).

×
Berita Terbaru Update