Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dodi Sukmayana : Sekretariat DPRD Jabar Akan Tambah Fasilitas Ramah Difabel dan Ruang Laktasi

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 13:31 WIB Last Updated 2023-10-31T06:33:40Z
Klik
Gedung utama DPRD Jabar akan ditambah fasilitas ramah difabel


 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Setiap bagunan public wajib ramah difabel,  karena masyarakat peyandang  difabel  memiliki hak yang sama untuk mendapatkan fasilitas yang dapat memudahkan aksesibilitas.

Fasilitas khusus bagi penyandang difabel, selain untuk memudahkan aksesibilitas  juga untuk dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mereka ketika mengunjungi bangunan publik.

Ada beberapa fasilitas ramah difabel  yang wajib ada area bangunan publik diantara,  Ramp untuk Pengguna Kursi Roda; Area Parkir Khusus Disabilitas; Guiding Block ; Lift Prioritas ; Toilet Khusus Difabel.

Kewajiban ketersediaan fasilitas ramah difabel, ternyata Gedung DPRD Jawa Barat belum memiliki fasilitas ramah difabel.

Untuk  itu,  menurut Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Baratt Dr.H. Dodi Sukmayana , SE, MM pada tahun anggaran APBD 2024,  kita sudah rencanakan dan rancang untuk memanambah beberapa fasilitas ramah difabel dan  ruang laktasi  di lingkungan Sekretariat DPRD Jabar.

 “Ya, betul hingga kini memang fasilitas ramah difabel di lingkungan dan Gedung DPRD Jabar masih sangat minim fasilitas ramah difabel. Untuk itu,  kita sudah rancang  penambahan fasilitas ramah difabel, bahkan kita sudah  susun  anggaran kebutuhannya”, kata Dodi Sukamaya saat ditemui di gedung DPRD Jabar, jum’at (20 /10/2023).

Dikatakan, Fasilitas ramah difabel itu sudah menjadi kewajiban atau keharusan bagi gedung pemerintahan termasuk juga Sekretariat Dewan Jabar.  Karena, setiap warga Negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan yang aman da nyaman, apalagi di gedung rakyat, ujarnya.

Masih cukup minimnya fasilitas ramah difable di Gedung Sekretariat Jabar , tidak terlepas dari rancangan awal Gedung ini dibuat. Mungkin saat di gedung ini dirancang/ didesign tidak memperhitungan untuk  kebutuhan bagi difabel.

Kondisi saat ini dari 4 pintu masuk ke gedung DPRD Jabar, masih menggunakan anak tangga, terutama pinta masuk ke ruang Lobby dan ruang sidang paripurna, belum ada Ramp untuk Pengguna Kursi Roda; Lift Prioritas dan Toilet Khusus Difabel.

Tahun depan kita akan tambah fasilitas ramah difabel di gedung Sekretariat DPRD Jabar ini, bahkan kita sudah rancang untuk membuat kamar kecil/ toilet khusus bagi Difabel dietiap lantai Gedung. Sehigga setiap masyarakat yang datang berkunjung atau  ada keperluan,  terutama bagi difabel dapat dengan aman , nyaman dan terlayani.  

Sementara terkait fasilitas Laktasi , Dodi mengatakan juga akan membuat ruang laktasi untuk  menyusui anak dan ruang bermain anak.

“ Kan karyawan Sekretariat DPRD Jabar banyak juga perumpuan, jadi sangat butuh ruang Laktasi dan ruang penitipan anak”, ujarnya.  

Jadi intinya, kita di Bagian Umum Setwan, akan memenuhi kewajiban  fasilitas ramah difabel dengan membangun Ramp untuk Pengguna Kursi Roda; Area Parkir Khusus Disabilitas; Guiding Block ; Lift Prioritas ; Toilet Khusus Difabel. Termasuk juga menyediakan ruang Laktasi dan ruang bermai ataupenitipan anak karyawan, tandasnya. (Adv/sein).

×
Berita Terbaru Update