Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tindak Lanjuti Nota Pengantar RAPBD Jabar 2024, Fraksi-fraksi DPRD Jabar Sampaikan Pandangan Umum

Jumat, 27 Oktober 2023 | 11:34 WIB Last Updated 2023-10-27T05:30:21Z
Klik
Rapat Paripurna DPRD Jabar terkait Pandangan Umum Fraksi-terhadapPengantar Nota RAPBD Jabar 2024 (foto:ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- DPRD Jawa Barat menggelar rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar Tahun Anggaran (TA) 2024.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ade Ginanjar. Hadir pula Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jabar.

Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, rapat paripurna hari ini merupakan tindak lanjut dari penyampaian nota pengantar perihal Raperda tentang APBD Provinsi Jabar TA 2024 yang sebelumnya telah disampaikan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin pada 20 Oktober 2023.

Kemudian ditindaklanjuti dengan pembahasan di komisi-komisi dan fraksi-fraksi DPRD Jawa Barat,” kata Ineu Purwadewi Sundari, Bandung, Kamis (26/10/2023).

Selanjutnya, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah pada 22 September 2023. Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang APBD Provinsi Jabar TA 2024 disampaikan hari ini.

Berdasarkan kesepakatan pada rapat paripurna 15 September 2023 tambah Ineu Purwadewsi Sundari, penyampaian pandangan umum fraksi tersebut hanya dilakukan oleh 1 fraksi yakni, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disampaikan oleh Anggota DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya.

“Sedangkan fraksi-fraksi lainnya menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda tentang APBD Provinsi Jabar TA 2024 langsung kepada pimpinan,” tambahnya.

Setelah rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang APBD Provinsi Jabar TA 2024 ini, tahapan selanjutnya adalah jawaban gubernur.

Anggota Fraksi  Nasdem- Persatuan Indonesia H.Eryani Sulam, M.Si  menanggapi pengatar nota Keuangan RAPBD tahun 2024, yang disampaikan oleh Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, beberapa waktu lalu.

Anggota Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia H. Eryani Sulam, M.Si (foto:ist)




 Dalam Nota yang disampaikan kepada DPRD Jabar bahwa target penda[atan daerah sebesar Rp. 35,876 triliun yang bersumber dari PAD, pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah.


Rencana belanja daerah sebesar Rp. 37,077 triliun, terdiri dari belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga da belanja transfer.  Untuk rencana  penerimaan pembiayaan daerah  sebesar Rp. 1,768 triliun yang bersumbaer dari Silpa. Sedangkan pengeluaran pembiayaan daerah  sebesar Rp. 566,806 yang diperuntukan untuk membayar utang.

Terkait, Pengantor Nota RAPBD 2024 tersebut, Eryani  mengatakan, bahwa DPRD Jabar hari ini telah memberikan pandangan umum fraksi-fraksi.  Selanjutnya akan diperdalam dan dikaji oleh Komisi-komisi bersama mitra kerja masing-masing.

Setelah itu, akan di bahas lebih mendalam oleh Panitia Khusus DPRD Jabar, sebelum disahkan di bawa ke sidang  DPRD Jabar, untuk disahkan menjadi Perda APBD Jabar 2024, tandasnya (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update