Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Eryani Sulam : Peringatan Hari Lahir Pancasila Harus Dijadikan Momentum Merefleksikan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Minggu, 02 Juni 2024 | 20:39 WIB Last Updated 2024-06-19T13:50:52Z
Klik
Anggota DPRD Jabar H. Eryani Sulam ,MSi dari Fraksi Nasdem


BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Nasdem, H. Eryani Sulam M.Si, memandang Peringatan Hari Lahir Pancasila saat ini yang sangat penting bagi bangsa Indonesia dalam merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam keidupan berbagngsa dan bernegara.

Untuk itu, saya secara pribadi  dan sebagai anak bangsa, sangat mengapresiasi penetapan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mengacu pada pidato Bung Karno di sidang BUPKI pada tanggal 1 Juni 1945.

Menurut Eryani Sulam yang juga anggota Komisi V DPRD Jabar ini,  peringatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi merupakan momentum untuk merefleksikan sejauh mana nilai-nilai Pancasila telah diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung prinsip-prinsip yang sangat relevan untuk menjaga persatuan, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan keadilan sosial," ujarnya anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XII ( Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini.

Untuk itu, menurutnya, Pancasila tidak hanya menjadi panduan dalam kehidupan beragama dan berbangsa, tetapi juga sebagai landasan moral yang harus dijunjung tinggi oleh setiap warga negara. "Peringatan Hari Lahir Pancasila mengingatkan kita untuk terus berupaya mewujudkan cita-cita bangsa yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, seperti gotong royong, keadilan sosial, dan demokrasi," tambahnya.

Sulam juga menegaskan pentingnya peran setiap elemen masyarakat, termasuk DPRD Jabar, dalam memperkuat implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan dan praktik sehari-hari. "Melalui kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, kita dapat bersama-sama membangun bangsa yang lebih maju, adil, dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia," paparnya.

Dengan demikian, H. Eryani Sulam M.Si mengajak seluruh komponen masyarakat untuk merayakan dan menghormati Hari Lahir Pancasila dengan cara yang penuh makna, sebagai upaya nyata untuk memperkuat persatuan dan memajukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam konteks sosial dan kebangsaan, Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari., tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update