Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi V DPRD Jawa Barat Dorong Disdik Jabar untuk Terapkan Formulasi PPDB ala Yogyakarta

Jumat, 21 Juni 2024 | 23:02 WIB Last Updated 2024-06-21T16:02:02Z
Klik
Komisi V DPRD Jabar saat kunker ke Disdikpora Yogyakarta


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mintak pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat untuk mengadopsi formulasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang telah diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam, M.Si, Pemprov D.I Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam melaksanakan PPDB membuat formulasi dengan mengutamakan formulasi jalur prestasi dan zonasi sebagai katup pengaman bagi mereka yang ingin meneruskan Pendidikan.

Adapun furmulasi yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Yogyakarta yaitu  memformulasikan antara ketentuan yag berlaku secara nasional dan muatan local ketika mereka tidak masuk zonasi.   Hal ini, dapat di contoh oleh Dinas Pendidikan Jabar.

“ Sebagaimana  kita ketahui bahwa di Jabar, sampai saat ini masih ada sekitar seratusan kecamatan se Jabar yang belum memiliki sekolah SMA Negeri maupun SMK Negeri. Jadi formulasi ala Pemprov D.I Yogyakarta, dengan melibatkan lembaga pendidikan swasta. Hal ini cukup baik dalam mengatasi ketimpangan jumlah siswa dengan jumlah sekolah yang ada”

Demikian dikatakan H. Eryani Sulam saat dimintai tanggapannya terkait hasil kunjungan kerja Komisi V DPRD Jabar ke Provinsi Yogyakarta tentang PPDB, Jum’at (21/06/2024).

Dikatakan, di Pemprov Yogyakarta dalam setiap pelaksanaan PPDB tidak pernah terdengar dan terpublikasi  ada kegaduhan dalam pelaksanaan PPDB. Untuk itu, tidak ada salahnya, formulasi ala Disdikpora Yogyakarta dapat diadopsi oleh Disdik Jabar.

“ Saya rasa tidak ada salahnya mencontoh atau mengadopsi PPDB ala Disdikpora Yogyakarta diterapkan di Jabar. Hal ini mengingat, masih terjadi ketimpangan antara jumlah siswa dengan jumlah sekolah yang tersedia.  Karena  di Jabar masih ada ratusan Kecamatan se Jabar belum memiliki SMA Negeri maupun SMK Negeri, ”, ujar Politisi Nasdem Jabar ini.  

anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam, M.Si dari FNasdem


Lebih lanjut anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, jauh hari menjelang pelaksanaan PPDB, Komisi V  sudah mengingatkan dan mendorong pihak DIsdik Jabar untuk mencari solusi dan membbuat formulasi PPDB. Hal ini agar  kita tidak melihat dan mendengar lagi adanya kegaduhan-kegaduhan dalam pelaksanaan PPDB. , ujarnya.


Ia menambahkan, Formulasi ala Disdikpora Yogyakarta dapat memperbaiki sistem PPDB, hal ini juga sebenarnya dapat diterapkan di Jabar dalam menghadapi  berbagai kendala, terutama di daerah-daerah yang belum tersedia sekolah negeri.

Dengan adopsi formulasi PPDB ala Yogyakarta, Komisi V DPRD Jawa Barat yakin dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini serta mengurangi disparitas akses pendidikan antar wilayah. Langkah ini juga diharapkan dapat menciptakan kesetaraan pendidikan bagi seluruh siswa di Jawa Barat, tanpa terkecuali, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update