Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kunjungi BPKAD Yogyakarta, Banggar DPRD Jabar Cari Informasi Pengelolaan Aset Daerah Menghasilkan PAD

Senin, 03 Juni 2024 | 21:38 WIB Last Updated 2024-06-19T14:41:58Z
Klik
Pimpinan dan anggota Banggar DPRD Jabar saat BPKAD Yogyakarta


 
BANDUNG, Faktabandungraya.com, --- Pimpinan dan anggota Badan Anggaran (Banggar)  DPRD Jabar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Yogyakarta untuk mendiskusikan strategi pengelolaan aset daerah yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui mekanisme sewa.

Anggota Badan Anggaran DPRD Jabar, Ir. H. Herry Dermawan, menekankan pentingnya mendapatkan masukan langsung dari BPKAD Yogyakarta untuk merancang kebijakan yang efektif,  dalam hal ini pengelolaanaset daerah dapat menghasilkan PAD.

"Dengan mendapat masukan dari BPKAD Yogyakarta, kita berharap dapat mengoptimalkan pengelolaan aset daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, khususnya melalui pemanfaatan mekanisme sewa," ungkap H. Herry Dermawan saat di konfirmasi terkait hasil kunker Banggar DPRD Jabar ke BPKAD Yogyakarta, baru-baru ini.

Namun, dalam konteks Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa yang memiliki keunikan tersendiri, terdapat perbedaan dalam pengelolaan aset antara aset Pemerintah Daerah (Pemda) dengan aset Keraton.

Sedang  Aset Pemda,  umumnya dikelola sesuai dengan regulasi dan kebijakan pemerintah daerah untuk kepentingan publik dan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan, aset Keraton merupakan bagian dari warisan budaya dan memiliki peran khusus dalam konteks kebudayaan dan pariwisata.

Dalam mengelola aset Pemda, perlu dilakukan pengelolaan yang transparan dan akuntabel, serta mempertimbangkan potensi untuk menghasilkan pendapatan bagi daerah melalui berbagai mekanisme seperti sewa atau kerjasama dengan pihak swasta, ujar Politisi PAN Jabar yang terpilih menjadi anggota DPRD RI ini pada Pileg 2024.  

Sementara itu, pengelolaan aset Keraton harus memperhatikan nilai-nilai budaya dan sejarah yang terkandung di dalamnya, serta menjaga keberlanjutan dan keberlangsungan warisan budaya tersebut.

H. Herry Dermawan menegaskan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik terbaik dalam pengelolaan aset daerah dari BPKAD Yogyakarta, yang dapat menjadi inspirasi bagi DPRD Jabar dalam merumuskan kebijakan yang tepat dan berdampak positif bagi pembangunan di Jawa Barat. (AdiP/sein).

 

×
Berita Terbaru Update