Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Disdik Jabar Umumkan Hasil PPDB Jabar 2024 Tahap I, Eryani Sulam : Apresiasi Kinerja Panitia PPDB Disdik Jabar

Rabu, 19 Juni 2024 | 22:59 WIB Last Updated 2024-06-19T16:01:04Z
Klik

Jadwal PPDB :19 Juni 2024 Pengumuman PPDB Tahap I


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 1 jenjang SMA, SMK, SLB Provisi Jawa Barat Tahun 2024 telah diumumkan. Pengumuman sesuai jadwal dilaksanakan pada Rabu (19/6/2024), pukul 19.30 WIB.


Pj  Gubernur Jawa Barat  Bey Machmudin mengatakan, Panitia PPDB telah bekerja keras melakukan verifikasi dokumen pendaftaran untuk memastikan kebenaran dan keakuratan dokumen.

“Panitia PPDB Disdik Jabar dibantu aparat penegak hukum (APH) melakukan pendetilan verifikasi agar tidak ada kecurangan domisili, KK, dan lain-lain,” kata Bey Machmudin.

Petugas melakukan verifikasi ke lapangan untuk pengecekan domisili calon peserta didik. Walaupun data KK dekat dengan sekolah, panitia PPDB mengecek, kemudian dibawa dalam rapat pleno untuk memastikan hasil verifikasi lapangan terakhir.

“Kita sudah cek. Artinya kita akan menggugurkan kalau tidak wajar dan pihak sekolah tidak ragu untuk menggugurkan,” tegas Bey. 

Menurut Bey, bagi calon peserta didik yang tidak lolos dapat mencari sekolah swasta. “Saya kira banyak sekolah swasta yang baik, sehingga gunakan jalur sekolah swasta,” ujarnya.

 Bey juga mengapresiasi panitia PPDB taat aturan dan tidak takut pada intervensi atau ancaman dari pihak calon peserta didik.

“Intervensi yang nitip-nitip itu banyak, tapi mereka (petugas) memegang komitmen dengan menandatangani pakta integritas.  Jadi mereka harus menjalankan sesuai aturan agar tidak dipecat,” ucap Bey.

“Jika nanti setelah pengumuman ada ancaman, silahkan laporkan pada kami dan kami akan melakukan pendampingan. Semoga tahun ini PPDB Jabar terbaik,” ungkapnya.

Pengumuman PPDB sudah bisa diakses oleh  Masyarakat dapat melihat pada nomor pendaftaran di website Dinas Pendidikan Jabar, disdik.jabarprov.go.id,  kemudian aplikasi Sapawarga https://linkin.bio/sapawarga_jabar atau sekolah tujuan.

Sementara itu ditempat terpisah, anggota Komisi V DPRD Jabar, H. Eryani Sulam, M.Si mengungkapkan apresiasi terhadap kinerja Panitia PPDB Disdik Jabar tahun 2024.

Sulam menyoroti kerja keras Panitia PPDB dalam melakukan verifikasi dokumen pendaftaran dengan teliti dan akurat, yang berujung pada pengumuman Tahap I PPDB Jabar 2024 pada Rabu, 19 Juni 2024.

Anggota Komisi V  H. Eryani Sulam. M.Si, dr Fraksi Nasdem


 "Saya mengapresiasi kerja keras Panitia PPDB yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, memastikan keakuratan dokumen dan menjaga komitmen sesuai dengan pakta integritas. Mereka menunjukkan keteguhan hati dalam menghadapi berbagai ancaman dan intimidasi," ujar H. Eryani Sulam saat di hubungi Rabu (19/06/2024) malam. 


Menurutnya, PPDB Jabar 2024 harus tetap mengedepankan nilai-nilai integritas, kebersihan, kejujuran, dan keadilan. Hal ini menjadi landasan penting untuk memastikan bahwa setiap proses seleksi peserta didik baru dilakukan secara transparan dan adil bagi semua pihak yang terlibat.

"Kami mendukung penuh upaya untuk menjaga keadilan dalam PPDB Jabar 2024, sehingga setiap calon siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas sesuai dengan bakat dan potensi mereka," tambahnya.

"Kami berharap PPDB Jabar 2024 dapat menjadi contoh yang baik dalam implementasi nilai-nilai integritas dan transparansi dalam sistem pendidikan di Jawa Barat," tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update