Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Best Practice Kantin Sehat, SMPN 2 Kota Bandung Menginspirasi Peserta ASEAN Summer School

Kamis, 25 Juli 2024 | 23:33 WIB Last Updated 2024-07-25T16:33:09Z
Klik
Kantin Doea SMPN 2 Bandung yang dikunjungi Asean Summer School


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Puluhan peserta ASEAN Summer School memgunjungi SMPN 2 Kota Bandung untuk melihat best practice penyelenggaraan kantin sehat di sekolah tersebut, Kamis 25 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMPN 2 Bandung, Erni Kustiani memaparkan penyediaan makanan di kantin sehat SMPN 2 Kota Bandung dilakukan salah satunya untuk mendukung program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Para pedagang di kantin tersebut awalnya telah diberikan sosialisasi baik dari DLH, Dinkes dan DKPP terkait kantin sekolah sehat dengan dibantu oleh Food Security System.

Sosialisasi tersebut meliputi pengelolaan sampah, Buruan Sae, Mabar B2SA, stop boros pangan dan sanitasi makanan serta Sugar-Salt-Fat Smart.

Makanan yang dijual di kantin pun telah melewati food test terlebih dahulu dari Food Security System DKPP Kota Bandung serta Dinas Kesehatan Kota Bandung.

"Hal ini kita lakukan untuk memastikan makanan yang dijual di kantin memiliki nilai gizi seimbang dan aman bagi kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, pada hari ketiga penyelenggaraan ASEAN Summer School ini dilaksanakan acara kunjungan untuk melihat praktek penyediaan makanan untuk anak sekolah di SMPN 2 Kota Bandung.

"Kita melihat di sini ada salah satu sekolah SMP 2 Bandung yang sudah memulai, walaupun belum sempurna. Mereka menyediakan makanan untuk anak sekolah yang sehat dan berstandar," katanya.

Ia mengatakan, selama dua hari sebelumnya para delegasi melakukan perumusan mekanisme penyediaan makanan sekolah.

Di tempat yang sama, Ketua Sekretariat MUFPP, Filippo Gavazzeni mengapresiasi upaya SMPN 2 Kota Bandung dalam memberikan kebijakan yang ketat terkait makanan dan kantin sehat serta berkelanjutan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada SMPN 2 Kota Bandung yang telah menjadi tuan rumah dan menjadi salah satu lokus bagi para delegasi ASEAN Summer School untuk dijadikan Best Practice


Penerimaan Asean Summer School di SMPN 2 Bandung


Ia berharap, kegiatan ini dapat menciptakan program-program yang memungkinkan kota-kota di ASEAN menerapkan kebijakan yang sangat kuat, yang memungkinkan setiap anak mendapatkan setidaknya satu makanan sehat dan berkelanjutan.


"Bersama-sama kita telah mencapai banyak hal, namun masih banyak yang harus dilakukan. Terima kasih banyak atas kerja keras semua pihak dan semua yang telah mendukung kami," ujar Filippo.

Sebagai informasi, Kota Bandung telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan "ASEAN Summer: School Meals Programmes in ASEAN Cities" yang akan berlangsung dari 23-26 Juli 2024.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Bandung, Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) dan Universitas Katolik Parahyangan, yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan memperbaiki program makanan sekolah di kota-kota ASEAN. (rob/red).

×
Berita Terbaru Update