Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kelurahan Braga Hadirkan Inovasi Pesona, Permudah Mengurus Kesejahteraan Sosial

Rabu, 17 Juli 2024 | 21:40 WIB Last Updated 2024-07-17T14:40:07Z
Klik
Inilah Inovasi Pesona kelurahan Braga


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Berbagai inovasi terus dihadirkan oleh setiap wilayah di Kota Bandung. Hal tersebut sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih prima.

Kelurahan Braga Kecamatan Sumur Bandung memiliki inovasi, Pesona. Singkatan dari Pelayanan Sosial Online Braga. Dengan inovasi ini, warga tidak perlu datang di kelurahan cukup di telepon selular saja.

Lurah Braga, Willy Wiradhika mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai layanan seperti kebutuhan DTKS, kebutuhan PPDB khusus untuk RMP (Rawan Melanjutkan Pendidikan).

"Intinya warga tidak perlu datang di kelurahan. Kita upayakan dengan inovasi ini. Meskipun baru 2 bulan berjalan, kita terus sosialisasikan kepada masyarakat melalui media sosial hingga penyebaran pamflat," ungkapnya.

Untuk pelayanan ini cukup akses web https://bit.ly/PESONABRAGA. Cukup siapkan dokumen KTP, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya.

"Scan CR code atau akses layanan lewat web yang tersedia. Setelah itu, isi formulir mulai data diri secara lengkap, nama, tempat tanggal lahir, nomor KK hingga alamat," ujarnya.

Selain itu, pilih jenis pelayanan, diantaranya pengajuan masuk DTKS, permohonan mencetak suket DTKS, pemohonan masuk BPJS PBI dan pencetakan RMP pada Simdik.

"Setelah itu, warga tinggal submit dan jika dokumen sudah selesai akan dihubungi oleh operator untuk pengambilan berkas. Waktu penyelesaian berkas antara 1-3 hari kerja," tuturnya.

Di samping itu, ia mengungkapkan, kawasan Braga menjadi salah satu identitas Kota Bandung yang menjadi primadona Kota Kembang ini.

Selain bagunan heritage yang bisa menjadi spot foto yang instagramable, hadir juga kuliner khas Bandung seperti seblak dan cilok.

"Kalau belum ke Braga berarti belum ke Bandung, banyak di wilayah ini tempat bersejarah sampai kekinian. Bangunan heritage yang bisa untuk foto-foto seperti prewedding sampai, foto street juga," katanya.

Kawasan Braga juga  memiliki Braga Beken yang menjadi salah satu destinasi Kota Bandung. Kawasan bebas kendaraan itu menjadi lokasi tujuan untuk swafoto sambil kulineran.

"Pejalan kaki diberikan ruang salah satunya dengan Braga Bekan," ujarnya.

Selain itu, tengah diwacanakan Kampung Wisata Kreatif sebagai lokasi pemberdayaan bagi masyarakat. 

"Kampung Wisata Kreatif di Braga. Dalam lokasi itu pemberdayaan ini muncul melibatkan masyarakat. Nantinya bisa memberikan ruang untuk seni, UMKM juga peningkatan ekonomi," ujar Willy. (yan/red).

×
Berita Terbaru Update