Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemendikbud-Ristek Hapus Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA, Ini Tanggapan Komisi V DPRD Jabar

Kamis, 18 Juli 2024 | 23:15 WIB Last Updated 2024-07-18T16:15:00Z
Klik
Anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam,M.Si dari Fraksi Nasdem


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) mulai tahun ajaran 2024-2025 menghapus jurusan IPA, IPS dan Bahasa di jenjang Pendidikan SMA.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud-Ristek Anindito Aditomo, di Jakarta, Kamis (18/07/2024).

Anindito mengatakan penghapusan juruan di tingkat Pendidikan SMA ini merupakan bagian dari implentasi Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan secara bertahap sejak tahun 2021 lalu.

Kini, Kurukulum Merdeka sudah diterapkan sekitarb90-95 persen disatuan Pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Lebih lanjut Anindito mengatakan dengan penerapan Kurikulum Merdeka dan dihapusnya jurusan di SMA, sehingga siswa/ peserta didik bebas memilih pelajaran sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan untuk memilih studi selanjutnya atau karirnya.

Seorang siswa yang ingin kuliah Teknik bisa menggunakan jam pelajaran tingkat lanjut Matematika dan IPA tanpa harus mengambil matapelajaran Biolagi. Sedangkan siswa yang ingin melanjutkan kuliah di Kedokteran, biasa mengambil mata pelajaran Biologi dan Kimia tanpa harus mengambil matapelajaran Matematika tingkat lanjut, ujar Anindito.

Selain itu, penghapusan jurusan juga menghilangkan diskrimisasi terhadapa siswa non IPA, sehingga semua lulusan SMA dapat melamar ke semua Program Pendidikan (Prodi) di Perguruan Tinggi, tanpa dibatasi oleh jurusan ketika di SMA/SMK, katanya.

Sementara itu ditempat terpisah, Anggota Komisi V DPRD Jabar, H. Eryani Sulam dari Fraksi Nasdem menangapi kabar dihapusnya juruan IPA, IPS dan Bahasa di SMA mengatakan, dirinya baru mendengar dari media.

Namun, tentunya kalau memang pemerintah melalui Kemendikbud Ristek  sudah menghapus jurusan di SMA tentunya perlu disikapi, terutama terkait penerapan Kurikulum Merdeka.

Komisi V DPRD Jabar, tentunya akan melakukan rapat kerja segera dengan Dinas Pendidikan Jabar,  untuk mengetahui sejauh mana kebijakan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud-Ristek terkait penghapusan juruan di SMA.

“Penghapusan juruan di SMA !!, Ya, kita akan segera menggelar raker dengan Disdik Jabar, mumpung tahun ajaran baru, baru dimulai”, ujar Eryani Sulam saat dimintai tanggapannya, Kamis (18/7/2024).

Dikatakan, kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud-Ristek, Nadiem Anwar Makarim, menjelang akan berakhirnya masa pemerintahan Presiden Jokowi, jangan sampai tidak sejalan dengan kebijakan Presiden terplilih (Prabowo-Gibran).

“Ya, jangan sampailah, ganti pemerintahan ganti kebijakan terutama penerapan kurikulum Pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK”, tandasnya.  (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update