Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi V DPRD Jabar Kunjungi Dinas Kesehatan Yogyakarta untuk Percepatan Penurunan Stunting

Minggu, 14 Juli 2024 | 21:47 WIB Last Updated 2024-07-14T14:47:18Z
Klik
Rombongan Komisi V DPRD Jabar saat kunker ke Dinkes D.I.Yogyakarta


BANDUNG, Faktabandungaraya.com,--- Pemerintah provinsi Jawa Barat menargetkan angka Stunting menjadi 14 persen pada akhir tahun 2024. 
 

Menurut anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam, target 14 persen pada akhir 2024 sesuai dengan target stunting Nasional (14%).  Untuk mencapai target 14% tersebut, DPRD Jabar melalui Komisi V sangat mendukung beberapa program kesehatan Ibu dan Anak. Serta asupan gizi berkualitas bagi balita.

Selain itu, Komisi V juga  mendukung Pemprov Jabar melalui Dinas Kesehatan untuk belajar dan shering  dengan provinsi lain yang  berhasil menakan dan menurunkan angka stunting, salah satu Provinsi D.I Yogyakarta, kata Eryani Sulam.

Dikatakan politisi Nasdem Jabar ini, baru-baru Komisi V bersama Dinas Kesehatan Jabar melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mendapatkan informasi terkait upaya percepatan penurunan stunting.

Kunjungan ini bertujuan untuk belajar dari keberhasilan DIY yang mampu menekan angka stunting secara signifikan.

Eryani Sulam, menjelaskan bahwa DIY dipilih sebagai lokasi kunjungan karena provinsi ini secara konsisten menunjukkan hasil positif dalam penanganan stunting. Saat ini, angka stunting di DIY tercatat sebesar 16%, menjadikannya peringkat kelima terendah secara nasional.

Data terbaru dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) menunjukkan bahwa Jawa Barat juga telah berhasil menurunkan angka prevalensi stunting dari 31,1% pada tahun 2018 menjadi 20,2% pada tahun 2022. Dengan rata-rata penurunan mencapai 2,72% per tahun, Provinsi Jabar terus berupaya mengejar target nasional.

H. Eryani Sulam menambahkan, "Kami sangat mengapresiasi capaian yang diraih oleh DIY. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan langkah konkret bagi kami dalam mempercepat penurunan angka stunting di Jawa Barat."

Menjelang tahun 2024, Pemprov Jabar menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14%, sejalan dengan target yang ditetapkan secara nasional. Kunjungan kerja ini menjadi salah satu langkah strategis untuk menggali praktik terbaik yang dapat diterapkan di Jawa Barat.

Dengan adanya kolaborasi dan pertukaran informasi ini, diharapkan upaya penanganan stunting dapat lebih maksimal dan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat di Jawa Barat.

Untuk itu, Komisi V DPRD Jabar  minta komitmen Pemprov Jabar  dalam upaya menekan dan menurunkan angka Stunting.  Bahkan Komisi V juga mendorong agar Pemprov Jabar  meningkatkan koordinasi dan konsulidasi program dengan pemerintah pusat dan Kabupaten/kota se Jabar.

“ Kita juga minta pemprov Jabar  untuk meningkatkan pengawasan dan evaluasi secara berkelanjutan untuk dapat mempercepat penurunan Stunting, sehingga target 14 persen di akhir tahun 2024, benar-benar dapat tercapai”, tandasnya.  (Adib/sein).

×
Berita Terbaru Update