Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

HUT ke-79 RI, Pj Wali Kota Bandung: Momentum Kuatkan Optimisme Bangsa

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 20:31 WIB Last Updated 2024-08-17T13:31:28Z
Klik
Upacara HUT ke-79 RI tingkat Kota Bandung


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan Peringatan 79 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia harus menjadi momentum menguatkan optimisme dengan kemampuan bekerja keras dan semangat bergotong-royong. Sebagaimana semangat persatuan dan kesatuan para pahlawan saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Hal tersebut diungkapkan Bambang usai melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat Kota Bandung di Plaza Balai Kota, Sabtu 17 Agustus 2024.

"Nusantara baru Indonesia maju adalah wajah optimisme bangsa Indonesia khususnya warga. optimisme ini pernah kita buktikan saat menghadapi berbagai tantangan seperti pada peristiwa Bandung Lautan Api 1946, memperjuangkan hak-hak negara yang terjajah pada Konferensi Asia Afrika 1955 dan menuntaskan pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu," katanya.

Bambang menyebut optimisme ini juga bisa membuat pertumbuhan ekonomi Kota Bandung tumbuh sebesar 5,07 persen pada tahun 2023. Lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Nasional yang mencapai 5,05 persen serta lebih baik dibandingkan Provinsi Jawa Barat sebesar 5 persen.

Begitu pula Indeks Pembangunan Manusia tahun 2023 tumbuh sebesar 83,29 poin, lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2022 sebesar 82,52 poin. Tingkat kemiskinan pun berkurang dalam tiga tahun terakhir ini yakni 3,96 persen tahun 2023, 4,25 persen tahun 2022 dan 4,37 persen tahun 2021.


Pj Wali kota Bandung ambang Tirtoyulino jd Irup HUT RI


"Kita patut bersyukur berbagai prestasi yang diraih pada periode 2018 hingga hari ini, lebih dari 453 penghargaan dari berbagai level baik regional, nasional dan internasional," ujarnya.


Menurut Bambang, nilai-nilai perjuangan dan optimisme ini pula yang harus menjadi identitas saat menghadapi Pilkada Serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota pada 27 November 2024 yang akan datang.

"Partisipasi pemilih dan kelancaran proses demokrasi itu akan menjadi bagian dari dukungan warga Kota Bandung pada tema Nusantara Baru Indonesia Maju," ungkapnya.

Ia pun berdoa semoga para pejuang kemerdekaan yang telah tiada diampuni segala dosa dan khilaf nya serta mendapat tempat mulia dalam pandangan Allah SWT.

"Begitu pula kepada para pejuang kemerdekaan yang masih hidup semoga tetap diberi kekuatan dan kesehatan agar bisa membimbing kita menjaga nilai-nilai perjuangan dan menegakkan harga diri bangsa yang bermartabat," kata Bambang. (rob/red).

×
Berita Terbaru Update