Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anggota DPRD Jabar Mengikuti Orietasi Diselenggarakan oleh Kemendagri, M Rizky : Penting Bagi Legislator Baru

Sabtu, 14 September 2024 | 20:41 WIB Last Updated 2024-09-14T13:41:56Z
Klik
Kegiatan orientasi seluruh anggota DPRD Jabar 2024-2029 (foto:ist)


JAKARTA, Faktabandungraya.com---Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029 mengikuti kegiatan orientasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kegiatan ini berlangsung selama lima hari hari, yakni 9-13 September 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Kegiatan orientasi ini merupakan kewajiban bagi seluruh anggota DPRD terpilih, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2024 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi.

Selama orientasi, para anggota DPRD menerima pembekalan tentang kode etik DPRD. Selain itu, mereka juga mendapatkan materi mengenai ruang lingkup fungsi, tugas, dan wewenang DPRD.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi NasDem, Muhammad Rizky mengungkapkan bahwa kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk anggota DPRD terpilih Provinsi Jawa Barat bertujuan sebagai bekal penting bagi para legislator baru dalam bertemu dengan masyarakat.

Menurut Rizky, bimtek ini memberikan pembekalan ilmu yang sangat bermanfaat baik untuk anggota dewan itu sendiri maupun untuk masyarakat.

“Nilai – nilai yang kami peroleh dari orientasi ini akan memberikan tanggung jawab yang luar biasa terhadap masyarakat, sehingga kami (para peserta Bimtek) dapat menjalankan tugas dengan lebih maksimal dan lebih bertanggung jawab dalam menjalankan amanat masyarakat Jawa Barat,” ujar Rizky yang dikutif dari di website Partai Nasdem, Selasa (10/9/2024).

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi Jabar itu pun mengatakan bahwa materi yang diterima oleh peserta bimtek sangat bermanfaat untuk nantinya turun ke masyarakat.

“Sangat bermanfaat, tema yang baru saja selesai yaitu wawasan kebangsaan yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, kebhinekaan dan NKRI sangat relevan dengan iklim demokrasi saat ini. Kami merasa di upgrade dengan materi yang baru saja di paparkan sehingga perlu rasanya DPRD Provinsi Jabar membuat program kegiatan seperti di DPR RI yaitu sosialisasi 4 PIlar kebangsaan,” tambahnya.


Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Nasdem (foto:ist).


Sekretaris Fraksi NasDem DPRD Provinsi Jabar , Onnie S Sandi mengungkapkan, kegiatan orientasi ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan terkait tupoksi sebagai anggota legislatif.


“Saya yakin dan percaya manfaat kegiatan orientasi ini akan sangat berpengaruh besar untuk kami para anggota dewan yang baru pertama kali menjabat serta menambah wawasan kami terkait dengan tupoksi sebagai anggota DPRD Provinsi, yang tentunya harus membawa kemaslahatan bagi kemajuan Jawa Barat agar warganya menjadi lebih sejahtera ” ujar Kang Onnie

Kang Onnie menambahkan, dengan adanya orientasi ini, diharapkan para anggota DPRD terpilih Fraksi NasDem dapat menjalankan tugasnya dengan lebih optimal, berlandaskan pengetahuan yang mendalam mengenai peran sebagai wakil rakyat sehingga mampu untuk mewujudkan apa yang telah diamanatkan oleh masyarakat Jawa Barat.

“Insya allah dengan bekal dari orientasi yang telah kami ikuti ini , kami dapat bekerja lebih optimal lagi dalam menjalankan amanat dari masyarakat Jawa Barat” tutupnya. (nasdem/sein).

×
Berita Terbaru Update