Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dhani Wirianata : Mengurai Kemacetan Kota Bandung dengan Melibatkan Ojol

Sabtu, 14 September 2024 | 18:50 WIB Last Updated 2024-09-14T11:50:36Z
Klik
R Dhani Wirianata bicara Kemacetan Kota Bandung di Podcast Pokja PWI Kota Bandung


 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pengemudi Ojek Online (Ojol) bakal dilibatkan dalam membantu mengurai kemacetan di Kota Bandung. Selain bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, pelibatan ini diharap dapat meningkatkan pendapatan pengemudi ojol.

Keterlibatan ojol sendiri difokuskan untuk mobilitas anak-anak sekolah. Baik mengantar dan menjemput siswa dari rumah ke sekolah dan sebaliknya.

Hal itu diungkapkan Calon Wakil Wali Kota Bandung, R. Dhani Wirianata saat menjadi narasumber Basa Basi Podcast di Pokja PWI Kota Bandung, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bandung, Jumat (13/9/2024).

Menurutnya, ada tiga hal persoalan yang mempengaruhi kemacetan di jalanan Kota Bandung. Parkir liar, keberadaan PKL dan belum ada layanan transportasi publik yang terintegrasi.

"Macet disebabkan oleh salah satunya, parkir liar, PKL (tidak sesuai zona) dan belum terintegrasinya transportasi (publik) dan juga minimnya lahan parkir yang ada di Kota Bandung," ujar Dhani.

Terkait belum adanya transportasi publik yang terintegrasi, lanjut Dhani, jalan-jalan di Kota Bandung baik pagi, sore maupun siang hari selalu ada kemacetan.

"Tentu yang harus kita perhatikan mengenai transportasi anak-anak sekolah. Kita harus mampu siapkan transportasi yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil," ujar Dhani.

Bahkan, seandainya terpilih nanti, pihaknya berupaya bekerja sama dengan (pengemudi) ojek-ojek online yang sudah ada. Diterangkan Dhani, dengan satu aplikasi yang dipersiapkan bagi anak-anak sekolah hingga bisa sampai ke sekolahnya.

"Nanti kita bisa kasih subsidi (pengemudi) ojek tersebut," terangnya.

Menurutnya, cara itu juga bertujuan bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Selain itu, Dhani juga memandang infrastruktur yang memadai juga menjadi faktor penting dalam mengurai kemacetan di Kota Bandung. Untuk itu, dirinya berjanji akan meminta dukungan dari pemerintahan provinsi maupun pusat soal kebutuhan pembangunan infrastruktur di Kota Bandung.

Dengan memiliki komunikasi dan hubungan yang baik dengan pemerintah pusat, dirinya ingin menggunakan ini sebagai jembatan untuk meminta dukungan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan Kota Bandung.

"Saya ambil contoh, di jalan Soekarno-Hatta ada lampu merah yang sangat terkenal, lampu merah 400 detik. Kita minta dukungan untuk bikin underpass di situ. Supaya tidak menghilangkan estetika kita bikin underpass," ungkapnya.

Dhani juga mengatakan ada sejumlah ruas jalan yang perlu dilakukan pelebaran. Langkah-langkah ini akan dilakukan Paslon Haru-Dhani bila terpilih sebagai pemenang Pilkada 2024 Kota Bandung. (*/red).

×
Berita Terbaru Update