Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketua FPAN DPRD Jabar Hasbullah Rahmad : Pelantikan Nisya Ahmad Sudah Sesuai Prosedur dan Aturan

Sabtu, 07 September 2024 | 00:14 WIB Last Updated 2024-09-06T17:14:35Z
Klik
Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar H.M.Hasbullah Rahmad, S.Pd, M.Hum



BANDUNG, Faktabandungraya.com,---Pelantikan Nisya Ahmad adik kandung Raffi Ahmad  menjadi Anggota DPRD Jabar, pada 2 September 2024, lalu, menggantikan politisi PAN Thoriqoh Nasrullah Fitriyah dari Daerah Pemilihan Jabar II (Kab.Bandung), hingga kini masih menjadi buah bibir masyarakat Jabar.

Berdasarkan hasil pemilu legislatif 2024 , Politisi PAN Thoriqoh Nasrullah Fitriyah memperoleh suara sebanyak 58.495 suara, sedangkan Nisya Ahmad memperoleh 50.422 suara.  Namun, yang dilantik jadi anggota DPRD Jabar malah Nisya Ahmad (suara terbanyak kedua). Bukan Thoriqoh N Fitriyah.

Menurut Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar H.M. Hasbullah Rahmad, SPd, M.Hum, dilantiknya Nisya Ahmad menjadi anggota DPRD Jabar, karena  Thoriqoh N Fitriyah mengundurkan diri, usai terpilih menjadi anggota DPRD Jabar.  Untuk mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Thoriqoh maka digantikan oleh Nisya Ahmad yang memperoleh suara terbanyak kedua dari dapil Jabar II (Kab. Bandung).

Hasbullah menjelaskan  Penggantian Antar Waktu (PAW) dari Thoriqoh ke Nisya Ahmad  sudah sesuai dengan prosedur dan aturan perundang-undanga.  Jadi tidak ada yang dilanggar. Baik secara normative maupun administrasi semua memenuhi syarat.

Thoriqoh  mengundurkan diri setelah terpilih karena akan mendapatkan tugas khusus dari Partai PAN. Surat pengunduran diri Thoriqoh dibuat diatas materai, dan disampaikan ke KPU Jabar tembusan ke Bawaslu Jabar. Sekitar pertengahan bulan Agustus 2024.

“ Anggota DPRD  dapat dilakukan PAW, apabila berhalangan tetap Meninggal Dunia; Mengunduurkan Diri dan Diberhentikan. Nah saudaraku Thoriqoh  mengundurkan diri, karena akan diberikan tugas khusus oleh Partai”.

Demikian dikatakan Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar Hasbullah Rahmad, saat ditemui diruang kerja FPAN DPRD Jabar, Jum’at (6/9/2024).

Lebih lanjut, Hasbullah mengatakan, dirinya selaku Sekretaris DPW PAN Jabar  yang mendampingi Thoriqoh  saat mengantarkan Surat Pengunduran diri Thoriqoh ke KPU Jabar. Bahkan, pihak KPU mempertanyakan alasan pengunduran diri Thoriqoh. 

Thoriqoh mengatakan, bahwa dirinya akan diberikan tugas khusus oleh DPP PAN, sehingga mengundurkan diri sebagai caleg PAN terpilih dari Dapil Jabar II.

Ditempat terpisah, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Adi Saputro membenarkan, bahwa hasil caleg PAN terpilih dari Dapil Jabar II adalah Thoriqoh Nasrullah Fitriyah dengan saura diperoleh sebanyak  58.495 suara.

Namun, Thoriqoh mengundurkan diri. Sehingga posisinya digantikan Nisya Ahmad Adik kandng Raffi Amad yang memperoleh suara terbanyak kedua (50.422 suara).

Adi Saputro membenarkan, bahwa KPU Jabar  sekitar pertengahan Agustus 2024, memang sudah menerima Surat Pengunduran Diri sebagai Caleg terpilih.

Surat Pengunduran Diri Thoriqoh , setelah kami (KPU Jabar-red) terima, lalu kita klarifikasi dengan mengundang langsung Thoriqoh dan Partai PAN Jabar .   Betul tidak surat yang disampaikan ke KPU Jabar .   Karena, jangan sampai bahasa mengundurkan diri, tapi orang yang bersangkutan tidak merasa mengundurkan diri," tandas  Adi Saputro. (sein).

×
Berita Terbaru Update